Berbagai Metode Budidaya Kerang Hijau yang Mudah Ditiru

By | March 5, 2019

Kerang hijau sangat populer di kalangan banyak orang. Kerang hijau dikenal memiliki rasa yang cukup enak dan memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Oleh karena itu, budidaya kerang hijau dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.
Ada beberapa metode sederhana yang bisa Anda tiru untuk mengolah kerang hijau. Ayo, lihat ulasannya!

Budidaya kerang hijau dengan metode loncatan
Metode melangkah dalam budidaya kerang hijau dapat dilakukan dengan mengumpulkan benih dari alam, memperbesar sampai panen kerang hijau. Pertama, siapkan batang bambu dengan diameter sekitar 15-20 cm, lalu pertajam di pangkalan. Tancapkan bambu yang sudah meruncing ke dasar air secara teratur.

Panjang bambu yang digunakan tergantung pada kedalaman perairan, saat pasang atau surut. Kemudian tambahkan bagian yang tersangkut di dasar dan bagian yang naik di atas permukaan laut, sekitar 50-100 cm. Bagian atas bambu digunakan sebagai tanda dan untuk membuatnya lebih mudah ditarik ketika kerang hijau tiba.

Bagian atas unit kolektor dapat ditambahkan ke pondok sebagai pengamat kolektor. Tambahkan bambu yang diikat, dipasang sejajar dengan permukaan air untuk memperkuat bambu dari pengaruh arus dan gelombang. Juga tambahkan bagan bambu dengan tali yang menghubungkan bambu di dalam air.

Jarak antara bambu bervariasi antara 0,5-1 meter tergantung pada kesuburan perairan, luas penanaman dan jumlah kolektor yang dipasang. Biarkan beberapa hari sampai kerang hijau menempel dan gandakan jumlah kerang hijau. Setelah banyak kerang hijau bisa dipanen.

Budidaya kerang hijau menggunakan metode rakit apung
Budidaya kerang hijau menggunakan metode rakit apung umumnya digunakan di lokasi yang khusus untuk memperbesar kerang hijau dan bukan lokasi sumber benih. Keuntungan menggunakan metode ini adalah lebih mudah panen.
Buat rakit dari bambu atau kayu atau kombinasi bambu dan kayu. Buat bantahan dengan beberapa drum kosong, baik dari drum plastik maupun besi. Kemudian lakukan pengecatan anti karat untuk drum besi dan lengkapi dengan jangkar. Bantahan ini sangat diperlukan agar rakit tidak mudah rusak dan hangus saat digarap.

Berikan jaring atau tali di bawahnya agar biji kerang hijau dapat dikumpulkan dengan benar. Biarkan beberapa hari sampai waktu panen, tetapi jangan lupa untuk selalu memeriksanya.

Budidaya kerang hijau dengan metode rakit langkah-demi-langkah
Metode rakit step-by-step adalah kombinasi dari dua metode peternakan dengan metode stepping dan floating raft. Pastikan lokasi rakit telah dihitung berdasarkan tinggi dan rendahnya air saat pasang naik atau surut. Penghitungan ini penting karena untuk mengantisipasi tidak mengalami kekeringan.

Kemudian letakkan tali kolektor di tangga rakit dan cobalah untuk menjaga jarak setiap tali ke satu meter. Kemudian, diamkan dan periksa secara teratur. Dalam waktu sekitar 6 bulan, Anda bisa mendapatkan sekitar 20-25 kg untuk setiap tali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *