Cara Mengurangi Rasa Asin pada Ikan Asin

By | July 10, 2018

Pengasinan dalam ikan bertujuan untuk menjaga ikan agar tahan lama dan tidak membusuk dengan cepat. Namun, akibatnya ikan akan menjadi sangat asin. Karena itu, banyak orang mencoba mengurangi rasa asin sebelum memasaknya. Ada 3 cara untuk mengurangi rasa asin ikan asin. Setiap metode memiliki kekuatan dan kelemahannya sendiri.
Rendam air biasa
Anda bisa merendam ikan asin dengan air biasa selama 12-24 jam. Pori-pori ikan asin akan terbuka sehingga garam larut dalam air. Saat berendam, ganti air 3-4 kali agar garam larut lebih banyak.

Metode ini memang membutuhkan waktu lebih lama. Namun, hasilnya jauh lebih enak daripada metode lainnya. Jangan lupa untuk mengalirkan ikan sebelum menyimpan atau menggunakannya.

Rendam air garam
Rendam ikan asin dalam campuran 2 liter air dengan 1 sendok makan garam. Kemudian, diamkan selama 5-10 menit. Hasilnya juga akan mengurangi rasa asin dengan cepat. Ini karena garam dari konsentrasi tinggi (ikan asin) mengalir ke konsentrasi rendah (air garam). Jika terasa asin, lakukan proses perendaman lagi. Tiriskan ikan jika rasanya sesuai dengan selera Anda.

Rendam air hangat
Cara cepat lain untuk mengurangi rasa asin adalah dengan merendamnya dengan air hangat. Namun, tekstur ikan akan lunak dan sangat rapuh. Karena itu, cukup berendam selama 10 menit. Setelah itu, tiriskan ikan dan usap dengan tisu, terutama di bagian perut. Usahakan ikannya tetap kering, agar tidak berbau atau basi saat disimpan.

Ikan yang sudah direndam akan cenderung basah dan berbau. Karena itu, Anda harus merendam ikan asin sesuai kebutuhan. Ikan asin kering bertahan lebih lama dan bertahan hingga 2 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *