Ingin Untung Maksimal? Pakai Cara Ini untuk Budidaya Ikan Gabus

By | February 28, 2019

Masih banyak penduduk di Indonesia yang tertarik dengan budidaya ikan gabus, tetapi tidak semua tahu cara membudidayakan yang dapat memberikan hasil maksimal. Untuk alasan ini, berikut adalah cara yang tepat untuk membudidayakan ikan gabus sehingga Anda mendapatkan keuntungan maksimal.
Pemilihan benih

Anda harus memilih benih ikan gabus sehingga Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dan hasilnya memuaskan dalam bisnis budidaya ikan gabus. Cara memilih benih adalah sebagai berikut.

Bibit betina umumnya memiliki perut bundar dan akan terasa lembut saat ditekan. Warna biji betina lebih cerah dari biji jantan dan akan melepaskan telur ketika perut ditekan.

Benih jantan, warna biji jantan cenderung terlihat lebih kusam. Jika alat kelamin tampak merah atau kemerahan, maka mereka siap untuk kawin. Umumnya memiliki bentuk kepala oval.

Hal ikan bertelur

Pemijahan lebih baik dilakukan di kolam terpisah atau kolam terpisah lainnya. Anda harus membuat kolam khusus untuk pemijahan berukuran 3 × 5 × 1 meter. Biarkan kolam selama 3-4 hari kolam itu kering dan setelah itu diisi dengan air jernih. Selanjutnya, berikan eceng gondok. Coba sambil memijah air terus.

Menetas di tempat penetasan

Dalam cara membudidayakan ikan gabus agar Anda dapat untung secara optimal, Anda juga perlu menyediakan tempat terpisah untuk penetasan. Pembenihan bisa dibuat dalam bentuk akuarium. Biarkan tempat dalam suhu tinggi sekitar 28 ° C. Sekitar 1-2 hari biarkan menetas sampai larva terbentuk.

Pakan untuk larva dan pemeliharaan

Perhatikan baik-baik perkembangan larva yang telah terbentuk dengan memberi makan mereka. Ketika larva berumur 2 hari, ia diberi makan gabus sampai hari ke 15 setelah menetas. Di tempat terpisah untuk menetas Anda masih bisa menempatkan larva. Makanan yang bisa diberikan adalah artemia naupli tiga kali sehari.
Pembesaran dan panen

Anda dapat menempatkan larva setelah larva membesar atau berumur sekitar 2-3 minggu di tempat yang terpisah atau mengeluarkan larva dari tempat yang ditentukan untuk penetasan. Pada saat ini Anda dapat menjual benih ikan larva atau gabus. Namun, harap transfer ke kolam lain dan diberi makan pelet berukuran sedang hingga besar jika Anda ingin menaikkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *