Ini Dia Sejarah Budidaya Belut di Indonesia

By | January 11, 2019

Sejarah budidaya belut di Indonesia menarik karena kita secara tidak langsung berbicara tentang perkembangan budidaya. Sejak kapan orang Indonesia memiliki mata pencaharian sebagai petani? Bagaimana mereka mendapat manfaat dari budidaya belut yang mereka lakukan?
Sejarah budidaya belut di Indonesia dimulai pada tahun 1997. Budidaya belut dimulai oleh beberapa orang dan dengan cepat banyak orang lain juga mengikuti langkah mereka untuk membudidayakan jenis ikan yang disebut belut.

Alasan utama mengapa budidaya sidat booming adalah karena krisis moneter yang terjadi di Indonesia. Krisis moneter tampaknya seperti pukulan berat yang mendorong banyak orang untuk bergerak lebih pintar sehingga mereka dapat bertahan hidup dan mendapatkan uang.

Pada saat itu, banyak orang percaya bahwa budidaya belut adalah salah satu cara yang bisa dicari untuk mendapatkan banyak manfaat finansial sehingga bisa menjadi solusi di tengah krisis moneter. Semakin banyak orang tertarik membudidayakan belut.

Sayangnya, setelah banyak orang mulai berlatih membudidayakan belut, ternyata hasil yang mereka dapatkan tidak sepadan dengan usaha yang telah mereka lakukan. Sebagian besar dari mereka dapat dikatakan gagal dalam membudidayakan belut.

Kegagalan mereka tidak lepas dari berbagai masalah yang datang tiba-tiba ketika mereka melakukan budidaya belut. Berbagai masalah yang menggagalkan upaya mereka pada waktu itu adalah masalah pangan, benih, media, berupa kurangnya informasi lengkap tentang cara membudidayakan ikan sidat.

Kegagalan kebanyakan orang yang membudidayakan belut pada saat itu tentunya merupakan pelajaran yang berharga. Keberadaan berbagai masalah yang tidak terselesaikan dengan baik menjadi salah satu pelajaran penting bagi petani atau petani belut di masa depan, untuk lebih kritis terhadap berbagai masalah yang muncul saat budidaya belut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *