Udang Masih Jadi Primadona Ekspor Hasil Perikanan Indonesia

By | May 2, 2018

Komoditas udang masih menjadi primadona ekspor perikanan Indonesia. Demikian narasi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Berdasarkan catatan KKP, ekspor udang akan menembus US $ 1,8 miliar atau sekitar Rp26,3 triliun pada akhir tahun ini. Total ekspor perikanan mencapai US $ 5 miliar atau Rp73 triliun dengan tujuan pasar utama adalah Amerika Serikat.
“Ekspor udang masih menjadi primadona ekspor perikanan hingga akhir tahun ini yang mencapai US $ 1,8 miliar dengan volume 180.000 ton,” kata Direktur Jenderal Penguatan KKP Kelautan dan Produk Perikanan (PDSPKP) Rifky Effendi Hardijanto.

KKP akan terus mendorong peningkatan ekspor udang nasional dalam dua atau tiga tahun ke depan. Targetnya ditetapkan US $ 2,8 miliar per tahun.

“Sejauh ini produksi akuakultur udang merupakan penyumbang terbesar bagi ekspor udang nasional yang mencapai 80 persen dan sisanya dari perikanan tangkap,” tambah Rifky.

Amerika Serikat telah menjadi pangsa pasar terbesar Indonesia dalam ekspor udang. Posisi Indonesia adalah eksportir terbesar kedua di negara Paman Sam setelah India. Sementara di Eropa, Indonesia berada di peringkat ke-16 eksportir udang.

“Selain AS, Eropa memiliki peluang besar, jadi kami harus mengusahakannya secara maksimal mulai tahun depan,” katanya.

Selain udang, KKP juga berupaya meningkatkan ekspor tuna, yang merupakan terbesar kedua. Ikan cakalang dan tuna serta rumput laut juga termasuk di antara sepuluh kontributor utama ekspor perikanan terbesar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *